Friday, January 4, 2019

Menginstal Sistem Operasi Linux Varian Kali Linux


Assalamu’alaikum sobat ngulik IT pada postingan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana prosedur atau langkah-langkah menginstal kali linux di vmware.
Sekedar pendahuluan bahwa Kali linux adalah sistem operasi distro linux yang dikembangkan oleh offensive security yang bersifat open source. Kali linux ini mempunyai lebih dari 300 tool yang fungsinya untuk pengamanan sitem komputer atau jaringan dari virus atau sumber bahaya atau biasa disebut dengan istilah (penetration testing).Generasi sebelum kali linux yaitu backtrack.
Nah,selanjutnya saya akan menjelaskan langkah-langkah menginstal kali linux di vmware:
1.    Kita buka wmware dan pilih (create a new virtual machine) untuk membuat virtual machine baru.
 
2. Kemudian akan tampil jendela sbb
 
Maksudnya Sapaan dari vmware dan pemilihan tipe konfigurasi yang kita inginkan. Saya pilih tipe konfigurasi typical artinya konfigurasi secara umum,lalu saya klik next


Dari jendela diatas menunjukan tipe sistem operasi yang akan kita install karena saya menggunakan file iso maka saya pilih installer disc image file iso,kemudian masukkan file iso dengan klik browse ->cari filenya ->open.Lalu kita next.
3. Setelah itu akan muncul jendela berikut

4. Maksudnya pilih jenis sistem operasi yang akan kita install kita pilih saja linux lalu versinya ubuntu->next

 
Tampilan diatas menunjukan nama virtual machine nya saya isi kolom tersebut dengan “linux” dan location menunjukkan lokasi penyimpanan kita,pilih browse untuk mencari lokasi penyimpanannya disitu saya isi di directori E->next
5. Lalu akan muncul jendela seperti dibawah ini
 
Artinya disitu kita dianjurkan untuk mengatur kapasitas hard disk sesuai keinginan.Nah, yang direkomendasikan 20 GB tapi saya ubah saja menjadi 15 GB lalu kita pilih store virtual disk as a single agar file dijadikan satu untuk mempermudah kita->next


6. Jendela diatas menunjukan konfigurasi yang sudah kita setting tadi jika kita sudah siap untuk menginstall pilih finish tapi jika masih ada pengaturan yang akan kita ubah kita bisa pilih customize hardware.
7. Setelah itu kita langsung saja buka sistem operasi tersebut,pasti akan muncul tampilan berikut
 
Setelah muncul tampilan itu kila pilih install->enter. Saat proses konfigurasi ini biasanya kita tidak bisa menggunakan kursor,kita bisa menggunakan perintah lewat keyboard.
8. Akan muncul tampilan berikut:
 
9. Disitu maksudnya kita diajnurkan memilih bahasa untuk melakukan proses instalasinya,saya pilih bahasa Indonesia saja agar lebih mudah ->enter

 
Maksudnya perhatian apakah kita yakin memilih bahasa untuk melakukan proses instalasi itu jika sudah yakin kita pilih yes dan jika ingin diatur ulang kita bisa pilih kembali. disitu saya pilih yes->enter.
10. Selanjutnya muncul tampilan berikut :
 
11. Itu maksudnya pemilihan lokasi kita sekarang,kita pilih Indonesia->enter. Tujuan pemilihan lokasi sudah dijelaskan dalam tampilan itu.

 
Jendela itu menganjurkan kita memilih peta tombol yang dipakai kita pilih secara umum saja yaitu inggris amerika->enter.

12. Kita tunggu prosesnya untuk memuat komponen tambahan…
13. Kemudian akan muncul tampilan berikut:
 
Maksudnya jendela itu menampilkan pengaturan jaringan disitu ada kolom dimana kita harus menuliskan nama host kita bisa isi sesuka hati asal sesuai ketentuan saja. saya isi kolomnya dengan nama host”kali”->lanjutkan->enter. untuk pengertian nama host sudah dijelaskan pada tampilan diatas.


 
14. lalu kita akan disuruh mengisi nama domainnya,saya isi dengan nama domain “linux”->lanjutkan->enter. untuk pengertian nama domain sudah dijelaskan pada tampilan diatas.

 
15. Tampilan itu memaparkan petunjuk agar kita mengisi password(kata sandi) kita isi sesuan keinginan kita->lanjutkan->enter.
16. Lalu akan muncul tampilan berikut:
 
Disitu kita diminta verifikasi kata sandi kita tadi untuk memastikan kata sandi sudah sesuai keinginan kita->lanjutkan->enter.

17. Tampilan itu memberitahukan tentang pengaturan waktu sesuai tempat tinggal kita sekarang saya pilih WIB sesuai tempat tinggal saya->enter. Kita tunggu prosesnya sebentar.

 
18. Disitu kita disuruh memilih partisi hard disk(pembagian ruang kosong pada hard disk untuk diisi file sistem) kita pilih sesuai keinginan kita,saya pilih terpandu,gunakan seluruh hard disk->enter.

19. Tampilan itu memberitahukan hard disk yang akan dipartisi disitu saya sudah menuliskan hard disk yang akan dipartisi->enter.
20. Akan muncul tampilan berikut:
 
Maksudnya kita disuruh memilih pola partisinya karena saya pemula jadi saya pilih obtion yang sudah disediakan untuk pemula saja->enter.
21. Tampilan dibawah menunjukkan bahwa memastikan adakah perubahan dalam konfigurasi partisi hard disk,karena saya sudah meras cukup maka saya pilih selesai mempartisi dan tulis perubahan-perubahan ke hard disk->enter.
 
22. Tampilan dibawah menjelaskan bahwa sudah ada beberapa perubahan yang sudah disediakan,jika kita menyetujui perubahan itu kita pilih yes->enter.
 
23. Proses pemasangan konfigurasi yang sudak kita setting tadi..
 
24. Tampilan ini mengenai mengatur pengelola paket,ini bisa kita pilih sesuai keinginan kita,karena saya tidak terlalu membutuhkan jaringan miror ini maka saya pilih tidak->enter.
 
25. Ditampilan ini saya akan menggunakan boot loader atau booting nya sistem operasi linux kita bisa atur menjadi dualbooting namun dengan ketelitian dalam pengeditannya. saya akan memilih boat loader nya saja,pilih yes->enter.

26. Tampilan ini bisa diartikan piranti atau perantara apa yang akan kita gunakan untuk pemasangan boot loader,saya memilih /dev/sda->enter.

27. Ini adalah tampilan prose penyelesaian instalasinya.

28. Kita langsung pilih lanjutkan->enter saja untuk melanjutkan proses instalasi.


29. Kita sudah menuju langkah akhir,untuk masuk sistem operasi linux kita harus memasukkan nama pengguna yang sudak kita setting tadi langsung pilih selanjutnya.

31.Tak lupa kita juga harus memasukkan passwordnya lalu pilih masuk.

32. Alhamdulillah proses installnya sudah selesai…  dibawah ini adalah tampilan utama sistem operasi kali linux.

Semoga sedikit informasi ini bisa bermanfaat untuk sobat  ngulik IT semua.

No comments:
Write komentar